skip to Main Content
Jl. Lenteng Agung Baru No. 22 Jakarta Selatan (Depan Kampus Univ. Pancasila)

Tips Persiapan Untuk Beasiswa Ke Luar Negri

Tips Persiapan Untuk Beasiswa Ke Luar Negri

Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negri merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, karena yang sudah diketehaui bahwa untuk mendapatkan beasiswa tersebut membutuhkan persyaratan yang sangat banyak untuk bisa keterima.

Ada banyak pilihan untuk mendaftar beasiswa dimana mulai dari jenjang S1 hingga S3, biasanya beasiswa diberikan oleh suatu negara, organisasi atau secara perorangan kepada seseorang untuk menempuh pendidikan di luar negri.

Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negri membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa karena persyaratan yang di butuhkan lumayan sulit untuk dipenuhi, selain itu jumlah beasiswa yang terbatas tak sebanding dengan jumlah pendaftar membuat harus bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkannya.

Beasiswa yang tersedia juga beragam mulai dari yang full sampai lulus, 50%, atau hanya beberapa smester saja. Itu semua tergantung dari pemberi si beasiswanya dimana menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk pelamar.

Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negri memang sangat sulit karena untuk bisa mendapatkannya membutuhkan usaha ekstra. Dimana banyak mengorbankan waktu hingga tenaga hanya untuk mendapatakan beasiswa tersebut.

Namun hal tersebut akan terbayar ketika sudah mendapatkan beasiswa yang diinginkan, namun walaupun sudah mendapatkan beasiswa anda jangan berbangga terlebih dahulu, pasalnya ada persyaratan juga yang harus dipenuhi untuk tetap menerima beasiswanya.

Biasanya beasiswa ke luar negri memberikan persyaratan yang cukup berat untuk para penerimanya agar tetap mendapatkan beasiswa. Misalnya saja para penerima harus mempertahankan nilai terbaik dalam perkuliahan.

Itulah mengapa jika ingin mendapatkan beasiswa tersebut harus mempersiapkan mental yang kuat terlebih dahulu. Dimana pasalnya anda tidak hanya berjuang untuk bisa menerima beasiswanya melainkan anda juga harus berjuang untuk bisa mempertahankannya.

Tahapan Tahapan Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negri

Untuk anda yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negri wajib mempersiapakn beberapa hal yang dibutuhkan saat melamar beasiswa tersebut. Persyaratan persyaratan tersebut dapat dipersiapkan terlebih dahulu sebelum mendaftar, dimana persyaratannya sebagai berikut ini :

1.   Mempunyai Kemampuan Berbahasa Inggris

Persyaratan pertama yang wajib untuk dipenehui ketika melamar beasiswa khususnya di negara yang menggunakan bahasa inggri sebagai bahasa resmi mereka, yaitu memperispakan kemampuan dalam berbahasa inggris.

Dimana anda setidaknya memiliki sebuah sertifikat pendukung untuk bisa menunjukan bahwa anda memiliki kemampuan berbahasa inggris. Sertifikat yang dimaksut dapat berupa sertifika skor TOEFL ataupun IELST itu semua di sesuaikan dengan kebutuhan.

Walaupun negara atau universitas tujuan tidak mewajibkan bisa berbahasa inggris, namun dengan anda menguasai bahasa inggris akan menjadi nilai tambah, selain itu anda nanti akan lebih mudah dalam berkomunikasi dan beradaptasi.

2.   Pengalaman Berorganisasi

Kemudian persyaratan selanjutnya adalah dimana anda memiliki pengalaman dalam berorganisasi, dimana persyaratan ini sering kali keluar di beberapa universitas yang memberikan beasiswa ke luar negri.

Mempunyai dalam berorganisasi juga menjadi salah satu nilai tambah dimana dapat membuktikan keaktifan anda selama menempuh pendidikan sebelumnya. Selain itu dengan mempunyai pengalaman organisasi membuat anda bisa dapat beradaptasi dengan mudah.

Untuk persyaratan organisasi tidak melulu tentang organisasi yang ada di kampus, dimana organisasi yang ada di lungkungan masyarakat juga. Dimana pengalaman organisasi yang baik tidak kalah penting yang dapat menentukan apakan peluang keterima beasiswa besar atau tidak.

3.   Menentukan Pilihan Kampus

Setelah anda mempersiapkan persyaratan sebelumnnya sekarang anda harus mempersiapkan hal yang tak kalah penting sebelum apply beasiswa, yaitu anda harus mempersiapkan kampus tujuan terlebih dahulu.

Dimana dengan menetapkan kampus tujuan anda bisa mempelajari bagaimana tingkat kesulitan serta bagaimana akreditasi dari kampus tersebut. Sehingga anda akan lebih mudah dalam mempersiapkan berbagai hal untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Selain itu anda bisa membaca beberpa informasi mengenai kampus tujuan anda, supaya lebih mengenal secara dalam dengan kampus tersebut. Dengan begitu anda bisa lebih paham tentang karakteristik seperti apa yang dibutuhkan dalam melakukan wawancara nantinya.

4.   Menetukan Jurusan

Selanjutnya setelah anda sudah memahami dari kampus tujuan beasiswa anda sekarang anada harus menentukan jurusan, dimana jurusan juga akan mempengaruhi tingkat keberhasilan anda dalam mendapatkan beasiswa ke luar negri.

Ada baiknya dalam menentukan jurusan yang relefan atau sesuai dengan juruan yang anda ambil pada pendidikan yang sebelumnya. Selain itu dengan memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan anda akan membantu dalam menjalankan perkuliahan dengan sedikit lebih mudah.

5.   Menyiapkan Statetment Of Purpose

Kemduian selanjutnya anda harus mempersiapkan statement of purpose dimana merupakan sebuah jawaban yang harus anda gunakan ketika dalam sesi wawancara. Statement of purpose juga akan mempengaruhi tingkat atau peluang anda dalam mendapatkan beasiswa.

Dimana dalam menyiapkan statement of purpose anda harus mempersiapkan sebaik mungkin, dimana harus logis jelas hingga matang dan juga jangan terlalu bertele tele dalam menjawab pertanyaan pada waktu wawancara.

Dimana jawaban dari pertanyaan tersebut akan mempengaruhi juga apakah nantinya anda layak untuk menerima beasiswa tersebut atau tidak.

6.   Meyiapkan Dokumen

Kemudian yang terakhir tips untuk mendapatkan beasiswa keluar negri adalah dengan mempersiapkan beberapa dokumen. Dimana dokumen ini berupa izasah, akte, sertifikat yang akan mendukung anda untuk lolos.

Dan dokumen tersebut harus di terjemahkan dalam bahasa sesuai dengan negara tujuan, dimana anda dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah dari JITS untuk menerjemahkan berkas anda, JITS merupakan sebuah lembaga yang akan siap membantu anda dalam mengelola semua berkas yang anda perlukan untuk mendaftar beasiswa.

Dimana JIST sudah berdiri selama 7 tahun dan selama itu juga sudah banyak membantu orang orang dalam menerjemahkan dokumen mereka, JIST sudah sangat terjamin dan profesional dalam bidang nya sehingga anda tidak perlu khawatir atas keamanan data anda karena JITS sendiri memiliki bandan hukum sendiri.

Sebenarnya untuk mendapatkan beasiswa tersebut bisa didapatkan dengan mudah, asalkan sudah mempersiapkan semua persyaratan atau requirements yang dibutuhkan untuk bisa apply beasiswa tersebut.

Nah itulah tenatng pembahasan beasiswa mulai dari bagaimana cara mendapatkannya hingga persyaratan apa saja yang diperlukan untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negri, dimana bisa anda dapatkan dengan beberapa tips di atas.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search
Chat sekarang?